Resep Bubur Kacang Ijo Santan Kurma

Wah, nggak kerasa ya Ramadhan kembali tiba. Sebagian dari kita sudah ada yang mulai beraktivitas normal, tapi ada juga sih yang masih di rumah aja, seperti aku. 

Di hari pertama Ramadhan ini, aku mau berbagi resep bubur kacang ijo santan kurma yang menjadi menu berbuka puasa favorit aku dan suami. Menu ini cocok untuk porsi 4-5 orang. Bubur kacang ijo juga merupakan menu tradisional Indonesia yang masih menjadi penganan favorit banyak orang.

Bahan:

250 gr kacang hijau 

100 gr gula aren (cairkan)

7 butir kurma

1 ruas jahe

1 lembar daun pandan

3 buah pisang

500ml santan kelapa murni

Air 500 ml (secukupnya untuk merebus kacang ijo)

Cara membuat:

Rendam kacang hijau 3-5 jam supaya kacang cepat lunak saat direbus. Didihkan air di wadah, lalu masukkan jahe, daun pandan. Masukkan kacang hijau yang telah ditiris. Rebus hingga air surut.  

Blender santan bersama kurma, lalu saring. 

Penyajian:

Masukkan santan kurma ke dalam bubur kacang hijau yang telah matang, tambahkan pisang. Didihkan. Tambahkan gula aren cair jika kurang manis. 

Video selengkapnya Bubur kacang Ijo Santan Kurma bisa bunda saksikan di youtube di bawah ini ya Bunda! Selamat mencoba, Bun!



Dita Faisal
Dita Faisal Mengawali karir sebagai jurnalis sejak 2008 di TVRI Nasional. Setahun kemudian bergabung di tvOne sebagaireporter dan presenter berita hingga Feb 2021. Pernah meraih Fellowship hingga ke Jepang dan menjadi wartawan Istana Kepresidenan pada 2014-2015. Setelah 13 tahun menjadi jurnalis, pada pertengahan 2021 memutuskan pindah ke Blitar dan Wonosalam untuk lebih dekat dengan alam. Seperti cita-cita, ingin menikmati waktu dengan berbagi dan bertani. It's time for #BacktoNatureBacktoVillage

Posting Komentar untuk "Resep Bubur Kacang Ijo Santan Kurma"